Medan Galau Menentukan Warna Cat Untuk Hunian, Coba Tips Ini

No Comments

Tips Memilih Warna Cat (sumber : www.dulux.co.id)
Kombinasi warna cat yang anggun itu ibarat apa sih?

Musim penghujan sebentar lagi akan berakhir. Biasanya kebanyakan orang berkemas-kemas untuk merenovasi rumahnya semoga terlihat indah kembali. Terlebih tahun ini nggak lama lagi ramadhan akan menyambut kita semua, khususnya warga muslim. Pasti banyak di antara kita yang ingin rumahnya terlihat indah dan gres kembali dalam menyambut ramadhan tahun.
 
Salah satu yang biasanya paling sering dimasukkan ke dalam list renovasi yakni merubah cat rumah. Dalam menentukan warna cat, tak jarang ada yang gundah dalam memadukan warna. Suka bikin pusing kalau berhadapan dengan duduk kasus yang satu ini. Apalagi kadang timbul pikiran takut warna cat rumahnya samaan dengan tetangga. 

Memilih warna dan juga cat yang anggun seringkali menjadi hal yang memusingkan bagi mereka yang tergolong awam. Terlebih lagi yang bersangkutan tinggalnya di kawasan pelosok. Padahal bila mau berpikir kreatif sedikit, contohnya dengan melaksanakan uji coba warna, bukan mustahil akan menemukan banyak warna gres yang unik dan menarik, serta warna apa yang untuk di aplikasikan ke dalam dinding sebuah hunian.
Namun sebab jaman telah berubah dan segala sesuatunya harus serba cepat, bahkan uji coba warna mulai di anggap sebagai sesuatu yang kuno, kebanyakan orang lebih menentukan bertanya pribadi pada pakarnya. Tapi bagi mereka yang ragu berkonsultasi dengan pakar warna sebab takut dikenakan biaya konsultasi, internet pun menjadi solusi sempurna di jaman modern ibarat kini ini. Selain murah,  mudah dan tidak perlu jauh-jauh berkonsultasi ke pakar, juga banyak pilihan yang warna yang sanggup di aplikasikan pada hunian.

Meski internet telah menyiapkan segalanya, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menentukan warna dan juga cat rumah. Karena menentukan warna cat rumah dilarang dilakukan dengan asal-asalan. Alih-alih ingin mendapatkan warna yang sesuai impian dan juga sanggup menghemat budget, eh... ujung-ujungnya malah menimbulkan duduk kasus baru.

Untuk itu, dengan banyaknya jenis warna dinding yang beredar di pasaran dikala ini, dalam menentukan warna cat minimal menyesuaikan dengan konsep hunian masing-masing. Itu pun kalau kau paham hunianmu berkonsep apa? Apakah itu minimalis, klasik, modern, dan lain sebagainya.

Nah... untuk itu, kali ini saya ingin memperlihatkan tips dalam menentukan warna cat rumah buat kau yang mungkin saja tahun ini punya planning mengganti warna cat rumah. Tips ini berlaku untuk semua type hunian dan untuk semua kalangan, termasuk kau yang mengaku masih polos alias awam. Mau tahu ibarat apa tipsnya, simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Harus Punya Sumber Inspirasi

Saya yakin, siapa pun yang membaca ulasan singkat ini niscaya mempunyai banyak sumber inspirasi. Entah itu lewat televisi, melihat secara pribadi di dunia nyata, dan majalah. Atau ada juga yang memanfaatkan kehadiran internet, contohnya membaca aneka macam artikel online, ibarat blog atau media umum lainnya untuk mengumpulkan gambar-gambar kombinasi warna yang pada kesannya akan memicu bangkitnya imajinasi.

Atau mungkin ada juga yang masih memakai cara lama, ibarat mengumpulkan kain, cat dan sampel wallpaper dari toko langganan sebagai sumber ide untuk menemukan kombinasi warna cat yang pas dengan konsep huniannya.

Bagi kau yang mempunyai koleksi gambar yang banyak, sanggup memakai gambar tersebut untuk mewakili gaya yang kau sukai. Cara cukup kau susun gambar-gambar tersebut. Dengan melaksanakan hal tersebut kemungkinan besar kau akan mulai melihat contoh jenis warna dan nuansa yang menarik perhatian, yang nantinya sanggup kau terapkan pada hunianmu.

Apa Saja Furnitur Yang Ada di dalam Ruangan?

Bicara perihal furniture, sudah niscaya dalam hunianmu mempunyai banyak furniture di dalamnya. Baik itu karpet, tikar, tirai, lemari, bantal atau furnitur lainnya yang sanggup saja sudah ada sebelumnya. Jika perabotan ini berwarna netral kemungkinan besar tidak akan memengaruhi warna cat yang akan kau gunakan di ruangan. 

Jika furnitur atau perabotan yang kau miliki berwarna berani atau terang, kau sanggup menggunakannya sebagai titik awal ketika menentukan palet warna.

Perhatikan Kegunaan Ruangan Tersebut

Mendefinisikan fungsi ruangan akan membantumu menentukan jenis mood yang ingin diciptakan.

Apakah kau ingin mendekorasi kamar tidur yang hanya dipakai untuk beristirahat saja, atau juga ingin menjadikannya sebagai ruang kerja atau belajar? Apakah dapur hanya dipakai untuk memasak, atau ingin menjadikannya ruang multifungsi ibarat ruang makan dan juga menjamu tamu di ruangan yang sama?

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini pada diri sendiri di awal proses dekorasi, akan membantumu mempersempit jenis ruangan dan jenis mood yang nantinya ingin kau ciptakan.

Perhatikan Waktu Kapan Ruangan Paling Banyak Digunakan?

Maksudnya yakni ruangan dalam hunianmu paling banyak dipakai di waktu kapan. Apakah pagi hari, sore hari, malam hari atau sepanjang hari?
 
Hal ini akan kuat pada banyaknya cahaya natural yang masuk ke dalam ruangan. Dimana akan memengaruhi tampilan warna yang terlihat di dalam ruangan. Jika dinding mendapatkan sinar matahari pribadi di siang hari, kau mungkin ingin memakai warna yang lebih kuat dari warna yang dipilih untuk mencegah tampilan yang lama jawaban cahaya yang terang.

Ruanganmu Menghadap ke Arah Mana?

Jika ruanganmu menghadap utara, kemungkinan hanya akan mendapatkan sedikit cahaya natural. Untuk menyeimbangkan lemahnya cahaya ruangan tersebut, sebaiknya menentukan warna-warna yang hangat, cerah dan jelas untuk dinding, ibarat biru langit dan warna cerah lainnya.

Sebaliknya, ruangan yang menghadap ke selatan umumnya mendapatkan banyak cahaya alami. Sebagian bahkan memerlukan warna-warna yang hambar untuk membantu menyeimbangkan cahaya yang menyilaukan.

Apa Sumber Cahaya di Ruanganmu?

Sama ibarat cahaya alami, jenis cahaya buatan yang dipakai dalam ruangan akan sangat memengaruhi tampilan dan kesan dari warna-warna yang diaplikasikan dalam sebuah hunian.

Misalnya, lampu halogen memancarkan cahaya putih yang terang, yang cenderung memperlihatkan tampilan orisinil dari suatu warna. Bohlam lampu biasa memancarkan cahaya berwarna kuning, bohlam ini cenderung memantulkan warnanya yang kuning, sedangkan lampu neon memancarkan cahaya yang lebih dingin, dan seringkali menghilangkan semangat yang dipancarkan oleh warna.

Kurang lebih itulah point-point yang sanggup kau terapkan dalam menentukan warna cat untuk hunian. Buat kau yang sedang merencanakan ingin mendekorasi atau mengganti warna cat hunian, semoga tips singkat di atas ada manfaatnya.

BTN Antara Makassar, 4 April 2017
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar