Medan Imbas Warna Terhadap Psikologi Dalam Sebuah Hunian

No Comments

Pemilihan Warna, Sumber : bp.blogspot.com
Houses must be adaptable and evolutionary so it can change ith the family’s changing needs
Barbara Bannon Hamwood

Sebuah desain rumah dikatakan berhasil kalau mampur besar lengan berkuasa terhadap psikiologis dan fisiologis penghuninya. Artinya setiap detail yang direncanakan memperhatikan segala hal yang bekerjasama calon pemilik hunian. Mulai dari apa yang menjadi acara penghuninya, bentuk dan fungsi secara arsitektural menyerupai penataan dan perawatannya, sampai pemilihan eksterior dan interiornya.
 
Bagi seorang arsitek, hal tersebut menjadi sebuah tantangan dan keharusan yang wajib dipenuhi. Dengan segala ilmu yang di milikinya, apa yang menjadi cita-cita dan undangan klien akan coba diterapkan dalam merencanakan sebuah desain. Contohnya dikala akan merencanakan sebuah hunian atau rumah, yang mana setiap klien sudah tentu punya cita-cita yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Sebut saja salah satu di antaranya, yakni ihwal pemilihan warna. Dalam menentukan warna, baik untuk eksterior maupun interior, niscaya akan ada banyak pertimbangan yang muncul. Entah itu lantaran mengikuti warna cat rumah tetangga atau orang lain yang secara kebetulan dilihat begiut indah, lantaran sedang mengikuti tren yang berlangsung, mengikuti selera calon pemilik hunian, atau lantaran di sesuaikan dengan abjad si pemilik itu sendiri, bahkan tak jarang juga ada yang asal saja menentukan warna yang di inginkan. Untuk poin yang terakhir ini bisa jadi yang bersangkutan masih minim pengetahuannya mengenai warna.

Namun tahukah kau bahwa setiap warna yang dipilih untuk diaplikasikan ke dalam hunian, baik pada dinding, aksesoris, furnitur dan sebagainya bisa besar lengan berkuasa pada psikologis penghuninya?

Ya, warna juga sanggup memperlihatkan imbas pada psikologi seseorang, tak terkecuali ketika diaplikasikan pada sebuah hunian. Lebih tepatnya sanggup memengaruhi perasaan penghuni di dalam rumah, menyerupai merasa adem, hangat, romantis, sampai bersemangat. Sadar atau tidak, niscaya kau mencicipi hal demikian ketika berkunjung ke rumah sobat maupun sanak saudara. Yang mana setiap rumah yang kau kunjungi sudah niscaya mempunyai warna cat yang berbeda-beda.

Pengaruh warna terhadap psikologi penghuni juga di pelajari dalam dunia arsitektur. Itulah sebabnya mengapa setiap arsitek sebelum merencanakan sebuah bangunan niscaya akan melaksanakan riset terlebih dahulu, baik terhadap klien maupun kondisi lingkungan sekitar hunian yang akan dibangun nantinya. Misalnya bangunan tersebut berupa rumah, maka faktor alam menyerupai iklim dan cuaca, kondisi sekitar lingkungan hunian dan acara calon penghuni tidak pernah luput untuk di pelajari.

Salah satu dari hasil riset tersebut di antaranya mengenai pemilihan warna yang cocok untuk diaplikasikan pada hunian. Dalam hal sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar, faktor alam dan juga sesuai dengan abjad bahkan apa yang idamkan calon penghuni hunian sendiri.

*    *    *

Berbicara ihwal warna, dibawah ini ada beberapa pilihan warna standar yang bisa kau terapkan untuk hunianmu nanti. Dan tentunya akan sangat membantu, terlebih lagi buat kau yang minim pengetahuan akan warna.

Hijau

Warna Hijau memang selalu bikin sejuk (bp.blogspot.com)
Dari nama saja sudah bisa dibayangkan bagaimana suasana yang akan kau dapatkan kalau mengaplikasikan warna ini pada hunian. Yups, hijau identik dengan sesuatu yang terlihat alami dan memang paling banyak ditemukan di alam. Warna ini memperlihatkan kesejukan, menciptakan suasana jadi segar, nyaman dan berdampak pada kesehatan pikiran. Dengan kata lain menenangkan secara alami.

Nah, kalau kau ingin mengaplikasikan warna ini pada hunianmu, tidak ada salahnya untuk mencobanya dibanyak ruangan. Terlebih lagi kalau diterapkan pada kamar tidur dan juga wilayah yang memang mempunyai cuaca tidak mengecewakan panas. Jangan lupa untuk memperlihatkan sentuhan lain biar tidak terlihat monoton, contohnya memadukan dengan warna putih pada kusen jendela maupun pintu, memajang lukisan, foto yang sudah dibingkai tentunya, sampai tanaman dalam pot. Dijamin, suasana yang dihasilkan akan menjadi lebih tenang, adem dan menenangkan.

Biru

Warna Biru menciptakan suasana jadi hangat (bp.blogspot.com)
Sama halnya dengan warna hijau, warna biru juga gampang ditemukan di alam, tepatnya identik dengan warna lautan dan juga langit. Bahkan warna ini sering di identikkan dengan laki-laki, yakni memperlihatkan imbas yang menenangkan, menghangatkan, menyegarkan dan juga jadinya alami.

Warna biru cocok juga untuk diterapkan pada ruang tidur, lantaran imbas yang diberikan bisa memperlihatkan kedamaian dan ketenangan. Cocok buat kau yang punya duduk masalah susah tidur atau merasa kurang nyenyak ketika tidur.

Oh iya, buat kau yang mau menerapkan warna dalam hunian ada perbedaan imbas yang diberikan antar warna biru langit dan biru lautan. Untuk warna biru langit yang terlihat lebih jelas dan juga lembut, imbas yang dihadirkan dalam memunculkan suasana lingkungan yang menenangkan setingkat lebih baik bila dibandingkan dengan warna biru lautan yang dominannya agak gelap.

Buat kau yang dari sononya merupakan orang yang produktif, warna ini cocok untuk kamu. Warna ini juga diasosiasikan kecerdasan.

Kuning

Kombinasi Kuning dan Putih dalam ruangan (hostingmurah.info)
Apa yang kau bayangkan dan rasakan ketika menjumpai warna ini. Pasti senang dan bersemangat kan?

Jika yang kau rasakan dan bayangkan malah sebaliknya, maka dipastikan ada yang salah dengan dirimu. Kenapa? Karena warna kuning identik dengan semangat dan juga kebahagiaan. Hal ini sesuai dengan warnanya yang terlihat terang. Tak cuma itu saja, lantaran memang warna ini masuk kategori sangat hangat dan terkesan memperlihatkan sambutan yang baik.

Lalu, warna ini cocok diaplikasikan dimana kalau ingin dipakai dalam ruangan? Jawabannya ialah bisa juga diterapkan pada area masuk rumah, yang tak lain ialah ruang tamu. Tujuannya ialah untuk membangkitkan suasana hati ketika masuk ke dalam rumah. Selain itu bisa juga kau terapkan di dapur.

Efek yang dihasilkan oleh warna kuning sudah terbukti memperlihatkan nuansa yang luar biasa. Dan untuk mendapat imbas luar biasa dari warna kuning, ada baiknya kau mengkombinasikannya dengan warna putih.

Merah Muda

Merah Muda memang selalu menarik (google.com)
Jika warna biru identik dan cocok dengan laki-laki, maka warna merah, lebih-lebih lagi merah muda sudah niscaya sebaliknya. Ya, siapa lagi kalau bukan identik dengan kaum hawa alias wanita.

Warna ini terbilang unik, meskipun secara teknis merupakan warna merah pucat, tapi warna ini punya nama tersendiri dalam lingkup warna primer. Efek psikologi yang dihasilkan pun berbeda dari warna dasar yang sering di identikkan dengan gairah yang berlebih.

Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 60-an, warna merah muda bisa mensugesti kekuatan otot. Namun efeknya akan berbeda lagi ketika menatap cuilan tertentu dari warna ini. Efek yang dimaksud berdasarkan penelitian tersebut ialah detak jantung, tekanan jantung, dan pernapasan akan menurun ketika menatap cuilan yang lebih gelap.

Namun jangan takut, lantaran warna merah muda secara umum memperlihatkan imbas menenangkan dan tentunya lezat dilihat. Warna ini cocok juga untuk diterapkan di ruang tamu dan ruang tidur. Jika lebih baik lagi, cobalah untuk melaksanakan kombinasi atau berikan juga sentuhan lainnya biar terlihat semakin menarik.

So... bagaimana menurutmu?

BTN Antara Makassar, 27 Februari 2017
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar