Medan Tips Jitu Menghemat Anggaran Biaya Membangun Rumah Impian

No Comments

Tips Menghemat Anggaran Biaya Membangung Rumah

Rumahku Istanaku, pernyataan ini seringkali kita dengar khususnya dikala masih kecil. Bahkan hingga dikala ini pun masih sering dijadikan sebagai kalimat andalan bagi mereka yang secara ekonomi bisa membangun rumah, ataupun membeli rumah gres dari pengembang, yang tentu saja dari hasil jerih payah sendiri.

Di luar dari bisa secara ekonomi tersebut, siapa pun orangnya, baik itu yang hidupnya pas-pasan, ekonominya menengah, maupun elit sekalipun, secara umum niscaya mendambakan sebuah hunian yang bisa menciptakan nyaman hingga bisa menghadirkan rasa kangen untuk cepat-cepat kembali ke dalam hunian miliknya setiap saat.

Akhir-akhir ini, meski telah banyak pengembang yang getol mengatakan hunian yang sudah siap untuk ditinggali, kemauan masyarakat untuk menentukan membangun sendiri pun ternyata masih lebih banyak. Ya, salah satu alasannya tentu ingin mempunyai hunian yang sesuai dengan selera. Baik itu dari segi tampilan/fasad, luas bangunan, kebutuhan akan ruangan, interior, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk mewujudkan mimpi mempunyai hunian sesuai dengan selera maka yang perlu dipikirkan matang-matang dan menjadi bab penting ialah harus mempunyai perencanaan yang matang pula. Terlebih lagi dalam membangun sebuah hunian gres niscaya akan membutuhkan dana yang tidak mengecewakan banyak, yang tentu saja akan menguras keuangan dalam rumah tangga. Untuk itu, merencanakan anggaran biaya ialah hal paling wajib dan penting untuk dipikirkan.

Bagi kau yang punya cita-cita ingin mempunyai rumah gres atau menentukan membangun sendiri hunianmu biar sesuai selera, tidak ada salahnya mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Dimana bisa jadi bermanfaat buat kamu, minimal bisa membantumu dalam menghemat anggaran ketika membangun rumah impian.

Cobalah Menggunakan Jasa Arsitek

Pasti ada yang dahinya mengkerut mendengar kata “Arsitek”. Iya kan? Pasti dalam pikirannya banyak khayalan yang menciptakan bulu kuduk berdiri. Mulai dari biaya Arsitek kan mahal, gambarnya cuma kotak-kotak dan sebagainya.

Padahal kalau berpikir jangka panjang, dengan mempercayakan hunianmu direncanakan oleh seorang Arsitek, akan banyak manfaat yang kau peroleh. Mulai dari hunianmu lebih mempunyai jual bila dibandingkan yang tidak memakai jasa Arsitek, penataan ruangannya lebih baik, secara tampilan bisa lebih menarik, dan pastinya bakal membantu kau dalam menghemat anggaran pembangunan, waktu pengerjaan, sesuai selera, serta hal-hal tidak terduga lainnya.

Tak hanya itu saja, kalau kau jujur, seorang Arsitek juga masih insan biasa yang tentunya masih bisa diajak untuk berembuk soal biaya jasa mereka. Seorang Arsitek masih mau kok kalau kau ingin berkonsultasi mengenai desain hunian impianmu. Tapi kalau kau sudah meminta hingga dengan gambar, sebaiknya bicarakan dulu biaya jasa biar nggak menimbulkan duduk kasus di lalu hari.

Pilih Desain Minimalis

Jika sudah menemukan Arsitek yang berdasarkan kau cocok, tahap selanjutnya yang harus dilakukan ialah menentukan desain rumah yang sesuai budget kamu. Meski sang Arsitek bekerjsama sudah bisa memutuskan hunian apa yang cocok dengan budget kau dikala berkonsultasi, tidak ada salahnya untuk memberitahukan desain menyerupai apa yang kau inginkan. Karena biar bagaimanapun juga, seorang Arsitek butuh komunikasi dua arah sehingga desain yang dihasilkan bisa sesuai impianmu.

Buat kau yang mempunyai budget pas-pasan, Hunian Konsep Minimalis bisa menjadi solusi. Kenapa?

Dari namanya saja sudah minimalis, niscaya sudah ketebak arahnya bakalan menyerupai apa. Salah satunya bisa meminimalisir penggunaan biaya yang tidak perlu sehingga pembengkakan biaya yang dikeluarkan pun di hindari. Tapi damai aja, kualitas hunian kau tidak akan minimalis kok, kualitasnya akan tetap dipertahankan.

Keuntungan lainnya, penggunaan materi bangunan bakalan lebih efisien, sempurna guna, ekonomis ruang, dan lagi-lagi ekonomis biaya. Meski kesudahannya sederhana, rumah minimalis masih bisa dibuat modern bahkan mewah. Dan pastinya akan cocok buat kau yang malas beres-beres rumah dan punya acara yang padat. Apalagi dikala ini konsep hunian minimalis sudah menjadi sebuah tren dan pengembang pun properti pun mengadopsinya.

Pertimbangkan Ruangan Multifungsi

Selain menentukan konsep hunian minimalis, jangan lupa untuk mempertimbangkan sebuah ruangan multifungsi dalam hunian impianmu. Karena dengan menghadirkan ruang multifungsi, biaya yang akan kau keluarkan akan lebih ekonomis lagi. Misalnya, ruang tamu bisa juga berfungsi sebagai ruang keluarga. Atau menyatukan ruang makan dengan dapur.

Tak hanya urusan ruangan saja, sebaiknya mengenai perabotan rumah tangga atau furniture pun melaksanakan hal yang sama. Dengan kemajuan teknologi dan penemuan yang semakin hari semakin berkembang, furniture yang multifungsi pun sudah banyak beredar dipasaran. Contohnya, daerah duduk yang sanggup ditarik ketika diharapkan atau dibuat sesuai yang di inginkan. Kurang lebih menyerupai yang dilakukan oleh orang-orang di Jepang sana.

Gunakan Jasa Tukang Yang Handal dan Berpengalaman

Ketika kau sudah berkonsultasi dengan seorang Arsitek bahkan desain hunian cita-cita kau sudah ada ditangan, maka hal selanjutnya yang perlu kau prioritaskan ialah menentukan tukang.

Dalam menentukan tukang, sebaiknya kau jangan terburu-buru memutuskan. Cobalah untuk melaksanakan survey dulu, bertanya-tanya kesana kemari, atau mintalah rekomendasi dari teman, keluarga, kerabat, bahkan dari orang yang berdasarkan kau rumahnya dikerjakan oleh tukang dengan baik.

Jangan lupa juga untuk membandingkan tarif jasa tukang dan pengalamannya selama bekerja. Biasanya, tarif tukang dalam kota lebih mahal bila dibandingkan dengan yang tinggal di pinggiran kota. Intinya kembali lagi dengan selera dan kecocokan kau dengan tukang yang akan kau pekerjakan.

Manfaatkan Diskon

Setelah semua tahap di atas sudah kau lakukan dan sudah siap untuk membangun hunian impian, sebaiknya kau coba juga tips terakhir ini.

Ya, berburu diskon. Biasanya sentra perbelanjaan, toko materi bangunan dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan hunian, setiap tahunnya niscaya mengadakan acara diskon. Tidak ada salahnya kau berkunjung tempat-tempat tersebut dan membandingkan harga. Meski diskon yang diberikan tidak gede-gede amat, tapi tidak mengecewakan membantu kok dalam menghemat anggaran yang akan kau keluarkan. Terlebih lagi ketika kau membeli dalam jumlah besar, akan terasa sekali manfaat diskon tersebut.

Tapi harus kau ingat, jangan lupa melaksanakan survey terlebih dahulu sebelum membeli. Jangan alasannya tergiur diskon, kau malah tertipu atau barang yang kau beli tidak diharapkan dalam pembangunan hunian impianmu.

Bagaimana, sudah siap mewujudkan hunian cita-cita kamu? Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya teman-teman dimana pun berada.

BTN Antara Makassar, 18 Maret 2017
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar