Medan 7 Khasiat Alkohol Sebagai Pembersih Rumah Yang Jarang Diketahui

No Comments

Khasiat Alkohol Sebagai Pembersih Rumah

Alkohol, namanya sudah tidak absurd lagi ditelinga kita semua. Dengan kata lain sudah sangat familiar sekali dalam kehidupan sehari-hari, baik kalangan bawah, menengah, kalangan atas, anak-anak, remaja maupun orang remaja sekalipun. Bahkan saking begitu akrab dengan keseharian kita, sampai-sampai air mineral yang tidak tahu apa-apa pun disangka zat yang sama.

Contohnya, Equil yang belakangan ini dijadikan senjata untuk menjatuhkan lawan dalam dunia politik. Yang tak lain alasannya bentuk botolnya ibarat dengan kebanyakan botol alkohol, dalam hal ini minuman keras yang beredar di masyarakat. Yang mana bagi umat Islam khususnya merupakan salah satu zat yang haram untuk di konsumsi.

Dalam ranah ilmiah, alkohol merupakan zat yang bersifat korosif sehingga sangat jarang dipakai dalam sebuah hunian, contohnya dalam urusan bersih-bersih. Akan tetapi, bukan berarti alkohol tidak punya manfaat sama sekali.

Karena sehabis di telusuri, jenis alkohol dengan kandungan kurang lebih 70% isopropila (di Indonesia dikenal dengan nama Etanol) dan 30% air suling, ternyata sanggup dipakai sebagai cairan pembersih. Isopropilia atau Etanol sendiri merupakan pelarut yang bertugas melarutkan kotoran dan minyak.

Selain kegunaannya ibarat di atas, juga bersifat desinfektan alias mencegah infeksi. Kalau yang ini saya yakin sudah niscaya tahu dan mungkin sering menggunakannya dalam keseharian juga. Ya, biasanya ada dalam kotak P3K atau dalam bentuk betadine.

Namun tahukah kamu, dengan kandungannya yang demikian, alkohol bisa membersihkan lebih banyak lagi dari yang kita ketahui? Apa saja kira-kira yang bisa dibersihkan alkohol dengan kandungan ibarat di atas? Berikut sedikit ulasan singkat yang saya kutip dari rumah123.com dan sedikit saya modifikasi.

Sebagai Desinfektan Anda Sendiri

Seperti dijelaskan sebelumnya, alkohol bersifat desinfektan, tentu bisa dimanfaatkan juga untuk membersihkan peralatan ibarat furnitur berbahan besi dan juga suplemen pribadimu ibarat gelang dan anting. Caranya campur alkohol dengan air dengan perbandingan 1:1 ke dalam botol semprot atau botol lainnya. Artinya, kalau kau menuangkan 100ml alkohol ke dalam botol semprot, tuangkan juga air dengan jumlah yang sama.

Selanjutnya, semprotkan cairan alkohol yang telah dicampur dengan air tersebut pada area yang menurutmu mengandung kuman. Atau, pribadi saja tuangkan pada kapas dan gosokkan ke permukaan yang kau inginkan.

Pembersih Stainless Steel 

Alkohol juga bisa membersihkan peralatan berbahan stainless steel. Misalnya kawasan basuh piring atau kompor gas. Bisa juga untuk lemari es dan beberapa peralatan makan ibarat sendok dan garpu.

Selain sanggup membersihkan kuman, alkohol juga bisa menghilangkan sidik jari yang melekat di materi stainless steel tadi. Eits... jangan coba-coba dipakai ya kalau kau berbuat ulah dan ingin menghilangkan jejak.

Menghapus Sisa Hair Spray Pada Cermin dan Ubin

Khusus bagi kau yang sering memakai hair spray, biasanya sisa semprotan melekat di cermin dan ubin. Nah, untuk menghilangkan sisa semprotan tadi, maka kau bisa memakai cairan alkohol yang dituangkan ke kapas atau kain. Cara ini cukup ampuh menghapus noda yang lengket.

Menjadikan Spons dan Kain Lebih Tampak Baru

Menarik nih buat kau yang aktif di dapur, utamanya para bidadari. Jika kau hendak membuang spons pencuci piring alasannya kondisinya yang tidak layak, sebaiknya niat tersebut kau tahan dulu. What’s? Karena eh alasannya spons yang lama masih bisa disulap menjadi tampak baru. Begitu pula dengan materi kain yang sudah lama. Keduanya akan kembali ibarat gres lagi dengan sedikit pinjaman cairan alkohol.

Caranya, tuang alkohol dalam mangkok kecil, kemudian rendam spons. Tapi, jangan terlalu lama, kira-kira 10 menit. Bahan spons akan mengembang dengan sendirinya. Kemudian, angkat, dan bilas.

Hal sama juga berlaku untuk materi kain. Namun, kalau ukurannya terlalu besar, seebaiknya kau memakai baskom atau wadah yang sedikit lebih besar lagi, yang tak lain bisa menampung untuk merendam kain.

Membersihkan Perhiasan

Ah, masa sih? Tidak hanya membersihkan tetapi juga bebas dari basil dan kuman, tetapi ini juga untuk furnitur berbahan kuningan ibarat figura atau hiasan.

Membersihkan Noda Pada Sofa

Buat kau yang selama ini kebingungan ketika akan menghilangkan noda pada sofa mahal, sekarang kau tidak perlu risau lagi alasannya solusinya pun sudah ada dan bisa jadi belum banyak yang tahu. Cobalah memakai cairan alkohol untuk membersihkannya.

Caranya, semprotkan cairan alkohol pada bab sofa yang terkena noda. Kemudian, sikat memakai penyikat yang kering. Setelah itu gunakan kain kering untuk mengeringkannya.

Membersihkan Perangkat Keras Komputer

Salah satu kawasan yang disukai kuman dan basil di rumah yaitu pada perangkat keras komputer ibarat keyboard dan mouse, termasuk juga di dalamnya komputer jinjing atau kerennya disebut laptop.

Kok bisa? Karena besar kemungkinan alat-alat tersebut tidak hanya dipakai oleh satu orang saja. artinya benda tersebut sangat besar peluangnya untuk disentuh oleh banyak tangan, maka semakin besar juga peluang kuman basil berpindah tangan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mencobanya!

Makassar, 30 November 2016
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar