Medan 15 Cara Menciptakan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

No Comments
 Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang Medan 15 Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya) --- Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang. Kita menyadari bahwa banyak sekali model rumah yang beredar. Yang paling tren yaitu rumah minimalis, apakah 1 lantai atau 2 lantai. Namun, pada kesempatan kali ini, aku akan menunjukkan info lengkap mengenai 15 tips, trik, dan cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai asri yang hemat biaya.

1. Buat Perencaaan Matang (Mantapkan Niat)


Semakin baik perencanaan, semakin baik pula hasilnya. Itulah kenapa aku menempatkan perencanaan sebagai langkah awal atau cara terbaik menciptakan desain rumah minimalis, apalagi yang 2 lantai. Ingat, rumah tersebut akan teman tempati dalam jangka waktu panjang. Jika perencanaannya buruk, maka rumah yang dihasilkan tidak akan bagus.

2. Tentukan Konsep Rumah

 Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang Medan 15 Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Bagaimana cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai yang asri? Tentukan konsep rumah yang tepat! Ya, konsep rumah sangat besar lengan berkuasa dalam pembentukan tampilan rumah, apalagi kalau teman pengin rumah 2 lantai yang asri. Sobat juga perlu paham jenis-jenis konsep rumah. Sebagai contoh, ada konsep rumah minimalis khusus untuk keluarga, konsep rumah kayu, rumah jerami, rumah elegan, rumah sederhana, rumah kontemporer, dan sebagainya.

3. Pahami Type Rumah Minimalis


Apa tujuan memahami type rumah minimalis? Ya, itu bisa dijadikan sebagai materi pertimbangan dan pengetahuan bagi sobat. Jika teman paham mengenai type rumah minimalis, maka teman bisa menentukan type rumah ibarat apa yang cocok untuk sobat. Apa saja type rumah minimalis? Sebagai contoh, ada type 21, type 27, type 30, type 36, type 45, type 60, type 72, dan seterusnya.

Sedangkan untuk ukuran, ada rumah minimalis ukuran 6x10, 6x12, 6x15, dan ukuran lainnya. Artinya, semua perlu teman pahami sehingga bisa dijadikan referensi. Khusus untuk type rumah minimalis 2 lantai, jangan lupa tentukan jumlah kamarnya, bisa 1 kamar, 2 kamar, 3 kamar, dan seterusnya.

4. Tentukan dan Buat Denah Rumah

 Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang Medan 15 Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Tentukan dan buatlah skema rumah sebab itu merupakan cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai yang baik. Ada beberapa manfaat menciptakan skema rumah terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembangunan. Sebagai contoh, skema bisa memudahkan teman dalam menentukan dan melihat lokasi setiap sudut rumah. Kemudian, skema juga bisa meminimalisasi kesalahan dan mengurangi kebingungan terhadap lokasi rumah. Terakhir, skema juga bisa menjadi fatwa pengukuran rumah.

5. Cek Kembali Kondisi Keuangan


Niat dan perencanaan sudah mantap, sudah menentukan type dan konsep rumah. Kini saatnya teman mengecek kembali kondisi finansial. Kenapa? Ya, tidak ada salahnya sebagai langkah preventif biar proses pembangunan tidak terhenti sebab alasan kekurangan dana. Ceklah kembali kondisi keuangan.

Sekiranya, kalau type dan konsep rumah yang telah dipilih sebelumnya berpotensi memakan biaya lebih (diluar perkiraan), maka dengan mengecek kondisi keuangan, teman bisa melaksanakan pertimbangan untuk menentukan type dan konsep rumah yang lain. Namun, kalau teman sudah benar-benar yakin dengan kondisi keuangan, maka silahkan untuk melaksanakan pembangunan.

6. Buat Pengukuran dengan Cermat dan Detail


Cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai yang kondusif dan hemat ialah dengan menciptakan pengukuran secara cermat dan detail. Kenapa harus cermat dan kenapa harus detail? Pertama, menciptakan rumah dengan cermat akan menciptakan teman lebih berhati-hati dalam banyak sekali hal, ibarat menentukan material bangunan, menentukan jasa tukang, dan mendekorasi.

Sedangkan menciptakan rumah dengan detail bisa meminimalisasi biaya-biaya sebab teman niscaya tahu apa saja material yang harus dibeli. Dengan demikian, teman pun tahu estimasi biaya pengeluaran untuk pembangunan rumah. Apalagi rumah 2 lantai yang notabene membutuhkan material yang lebih banyak dibanding rumah 1 lantai.

7. Cek Tanah yang Digunakan

 Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang Medan 15 Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Untuk membangun rumah, apakah 1 lantai atau 2 lantai, tanah merupakan salah satu faktor penting. Sobat harus perhatikan betul elemen ini. Itupun kalau teman mau tahu cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai yang benar. Apa saja yang harus diperhatikan? Yang paling utama ialah jenis tanah yang digunakan. Sebagai contoh, jangan gunakan tanah yang landai sebab rawan amblas. Jangan gunakan tanah berpasir, tanah bekas rawa dan bekas persawahan sebab teksturnya gampang terkikis.

8. Gunakan Material yang Awet dan Berharga Ekonomis


Ingat sobat, rumah yang akan teman bangkit tidak hanya dipakai untuk waktu hitungan mingguan, tapi tahunan. Oleh sebab itu, gunakanlah material bangunan yang kuat dan tahan untuk jangka waktu bertahun-tahun. Sebagai contoh, kenapa rata-rata rumah bekas zaman penjajahan Belanda bisa bertahan hingga ketika ini? Gak percaya? Coba deh cek rumah Asrama Tentara Nasional Indonesia yang masih memakai bangunan Belanda.

Percaya atau tidak, kayu yang mereka gunakan sangat kuat dan kokoh, bahkan hingga ratusan tahun pun, masih berfungsi dengan baik. Artinya apa, pilihlah material bangunan bukan sebab murahnya saja, tapi juga sebab kualitas. Jika teman bisa mendapat yang berkualitas + berharga ekonomis, itu lebih baik.

9. Gunakan Jasa Juru Bangunan yang Tepat

 Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang Medan 15 Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Kalau mau tahu cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai yang bagus, maka pilihlah juru bangunan (tukang) yang tepat. Ya, juru bangunan ialah salah satu elemen vital yang perlu teman perhatikan. Pasalnya, rumah minimalis 2 lantai yang akan teman buat, tergantung pada mereka. Jika teman hanya mengedepankan jasa murah tapi tidak profesional, habislah sudah. Hancur rumah sobat, takkan bertahan lama.

Saya tidak memaksa teman untuk memakai kontraktor dan juga tidak memaksa untuk memakai jasa tukang. Namun, kalau mau yang lebih ekonomis, jasa tukang lebih ideal. Tapi ingat, carilah tukang yang berpengalaman dalam membangun rumah, khususnya yang 2 lantai.

10. Beri Fokus Lebih pada Pondasi Rumah


Memberikan fokus lebih pada pondasi rumah merupakan salah satu cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai secara kokoh. Ya, kalau pondasi atau tiang rumah yang teman buat tidak kokoh, maka ia akan sulit untuk menopang beban rumah yang begitu besar. Saran saya, perhatikan komposisi material dari pondasi tersebut. Kalau bisa, lebihkan saja materialnya khusus untuk pondasi. Biarlah mengeluarkan biaya lebih, yang penting kondusif dan selamat.

11. Perhatikan Penggunaan Sekat


Sekat, atau yang biasa dikenal sebagai pembatas ruangan, merupakan salah satu faktor penting yang perlu teman perhatikan dalam proses pembangunan rumah. Pasalnya, rumah minimalis tidak akan terlihat elegan kalau terlalu banyak memakai sekat, ibarat sekat yang terbuat dari tripleks, kalsi, dan materi sejenisnya. Selain itu, penggunaan sekat yang hiperbola juga bisa memakan biaya yang tidak sedikit.

Saran saya, kalau teman ingin memberi batasan pada setiap ruangan, maka gunakanlah sekat yang tidak permanen, ibarat gorden, lemari yang gampang dipindahkan, dan sejenisnya. Selain lebih sederhana dan praktis, itu juga menghemat pengeluaran.

12. Perhatikan Pemilihan Tangga Rumah

 Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang Medan 15 Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai yang bagus selanjutnya yaitu pemilihan tangga rumah. Ada beberapa jenis tangga untuk rumah. Ada yang terbuat dari kayu, kaca, semen, besi, keramik, dan sebagainya. Nah, teman bisa mengecek materi ibarat apa yang berharga lebih ekonomis. Misalnya, kalau tangga berbahan kayu lebih ekonomis, maka tidak ada salahnya menggunakannya. Tapi ingat, sesuaikan tangga tersebut dengan konsep rumah yang telah ditentukan sebelumnya, biar lebih serasi.

13. Optimalkan Teras Rumah


Agar rumah teman bisa terlihat cantik, elegan, dan asri, maka salah satu cara terbaik untuk menunjang itu semua ialah dengan mengoptimalkan dekorasi teras rumah. Saya memahami bahwa dekorasi niscaya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi juga tidak banyak. Asalkan, teman tahu dan cerdas dalam menentukan konsep dekorasi.

Mau rumah yang asri? Maka perbanyaklah pot dan tanaman. Tidak perlu tumbuhan yang mahal. Yang terpenting, tumbuhan tersebut bisa menghasilkan udara segar dan indah dipandang. Satu hal lagi, usahakan untuk memberi variasi pada tumbuhan yang dipilih, baik dari segi jenis, warna, hingga ukuran.

14. Optimalkan Taman dan Halaman Depan Rumah

 Tak bisa dipungkiri bahwa rumah ketika ini menjadi kebutuhan penting semua orang Medan 15 Cara Membuat Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Asri (Hemat Biaya)

Selain teras rumah, taman dan halaman depan rumah juga penting untuk dioptimalkan. Pasalnya, keasrian sebuah rumah juga bisa terlihat dari sana. Namun, kalau rumah minimalis tersebut tidak mempunyai taman atau halaman yang luas, tidak masalah. Yang terpenting, optimalkan setiap ruang yang ada di rumah. Jangan hingga kosong.

15. Cerdas dalam Pemilihan Warna


Inilah cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai berikutnya. Ya, cerdas dalam menentukan dan mengombinasikan warna pada rumah. Yang paling penting diperhatikan ialah pemilihan warna pada dinding sebab elemen inilah yang paling luas dan dominan. Nah, bagi teman yang memakai konsep rumah minimalis asri, maka gunakanlah warna hijau muda, atau biru muda, dan sejenisnya. Cobalah berkreasi tapi harus cerdas.

Bagaimana sobat, apakah ada pertanyaan sejauh ini? Saya kira, info mengenai 15 tips dan cara menciptakan desain rumah minimalis 2 lantai asri (hemat biaya) sudah cukup jelas. Saya berharap info sederhana ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf kalau ada kekurangan pada artikel ini. Jika ada yang perlu didiskusikan, silahkan tulis di kolom komentar. Bravo!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar