Medan Tangga Keberuntungan

No Comments

Tangga Unik (Sumber Gambar : www.rumahbagusminimalis.com)

Tangga yang menguntungkan?

Emang ada, yang benar saja. Jangan mengada-mengada deh!

Percaya atau tidak, dalam ilmu feng shui hal tersebut benar adanya. Dari sisi feng shui, tangga mempunyai fungsi yang sama dengan pintu, yakni sebagai daerah keluar-masuk. Tepatnya sebagai penghubung antara yang satu dengan lainnya. Dan itu artinya, tangga juga dapat membawa energi tertentu. Baik itu faktual maupun negatif.

Seperti halnya pintu yang dianggap sebagai daerah masuknya energy (Feng Shui menyebutnya Mulut Naga) ke dalam bangunan, tangga pun membawa energy yang sama dari lantai dasar menuju lantai 2, dan seterusnya. Dalam artian, tangga juga sebagai daerah mengarahnya energy.

Ketika energi yang masuk kurang menguntungkan, negative atau semacamnya, maka energi di lantai dua pun akan ikut berpengaruh. Baik secara total maupun lebih dari separuhnya. Sebagai contoh, misalkan di depan pintu masuk rumah ada tumpukan sampah, maka energi yang masuk ke dalam rumah niscaya akan terasa berbeda. Bisa jadi akan menjadi kotor, atau lainnya yang tentunya akan berujung pada ketidaknyamanan.


Nah, bayangkan? Jika hal yang sama terjadi sempurna di depan lisan tangga. Dimana ada daerah sampah, atau tangga segaris dengan pintu kamar mandi, maka energi yang naik ke lantai dua niscaya terasa lain. Bisa saja terasa kotor, pengap, dan atau kurang menyenangkan. Untuk itulah, penempatan  tangga sama pentingnya dengan penempatan pintu masuk utama dalam sebuah hunian.

Bagaimana Letak Tangga Yang Ideal?

Jawabannya yaitu beragam, alasannya yaitu tidak ada hukum baku mengenai letak ideal sebuah tangga. Semua kembali lagi pada harapan penghuninya dan jenis acara di lantai dua. Namun, secara umum berdasarkan Feng Shui, posisi yang harus dihindari yakni di tengah-tengah rumah, arah Barat Daya rumah, dan juga Timur Laut  rumah.

Tak hanya itu saja, dapur juga bukanlah ruang yang ideal untuk meletakkan tangga alasannya yaitu energi yang dihasilkan oleh dapur cukup panas. Dimana suhu panas yang dihasilkan akan menjadikan panasnya energi di lantai dua. Aktivitas mencuci di dapur juga dapat menghasilkan energi kotor yang mengalir ke lantai dua.

Bahan dari tangga diadaptasi dengan letak tangga tersebut. Sebaiknya, materi tersebut menunjukkan energi yang mendukung atau diharapkan oleh penghuni, khususnya kepala keluarga.

Hindari bahan-bahan yang akan menghasilkan konflik energi alasannya yaitu melahirkan ketidakberuntungan.

Bila tangga diletakkan di sisi timur, utara, tenggara, selatan rumah, gunakanlah materi ibarat kayu ataupun keramik hijau. Namun bila tangga diletakkan di sisi barat, barat laut, barat daya, timur bahari rumah, gunakanlah materi dari logam, stainless steel atau baja dengan keramik berwarna putih.

Yang perlu di ingat juga yaitu mengenai jumlah anak tangga. Dalam Feng Shui, jumlah anak tangga yang manis (anak tangga terakhir) ada pada hitungan 11, 12, 16, 17, 21, 22, 26 dan 27.

Cara menghitungnya pun gampang. Ada yang memakai konsep tiga, konsep empat, dan konsep lima. Tapi buat kau yang tidak mau ribet, cukup gunakan rumus ini saja : N (jumlah total anak tangga) dibagi dua; harus tersisa satu atau dua.

Hal penting lainnya juga yaitu mengenai arah putaran tangga. Untuk tangga biasa, baik berbentuk lurus, bentuk L, maupun U, arah berputar ke kanan ketika naik dan ke kiri ketika akan turun. Tapi kalau kau berniat memakai tangga putar, maka sebaiknya arah putaran tangga ke kiri ketika naik, dan ke kanan ketika berputar turun.

Kenapa harus ibarat itu? Jawaban simplenya yaitu untuk memperlancar naik-turun energi. Sedangkan di sisi lain yaitu dari faktor kebiasaan. Dan juga masih banyak faktor lainnya, yang jawabannya hanya kau yang tahu.

Akhir kata, supaya keberuntungan menyertai kita semua. Lebih khusus lagi buat saya eksklusif dan pembaca blog ini.


BTN Antara A24/4 (Makassar), 07 Oktober 2017
Referensi pelengkap :
www.rumah 123.com
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar