Medan Terbaik! Inilah 8 Jenis Investasi Yang Cocok Untuk Pensiunan

No Comments
 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan Medan Terbaik! Inilah 8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Investasi yang Cocok untuk Pensiunan --- Masa pensiun semestinya menjadi masa yang paling indah. Betapa tidak, melalui banyak kenangan ialah sebuah anugerah. Kenapa? Ya, tidak semua orang bisa mencicipi kesempatan tersebut. Di masa sehabis pensiun inilah Anda bisa mengukir kehidupan gres dengan melaksanakan hal-hal yang juga baru.

Bagi saya, beruntunglah kalau Anda sudah mempunyai persiapan menjelang pensiun. Namun, belum ada kata terlambat bagi Anda yang belum mempunyai persiapan pensiun. Apalagi bagi para pensiun dini. Percayalah, selalu ada waktu untuk menjadi lebih baik. Asalkan Anda mau menyegerakannya.

Apakah Anda berencana menghabiskan masa bau tanah dengan melaksanakan investasi? Nah, Anda berada di jalur yang tepat. Ya, selain bisa menambah kuantitas tabungan pensiun Anda, investasi juga bisa mengunci kesejahteraan Anda, terutama dalam hal finansial. Itulah cara mengelola keuangan sehabis pensiun secara bijak. Meskipun begitu, Anda dihentikan sembarangan dalam menentukan instrumen investasi. Bertindaklah lebih selektif. Nah, di sini saya telah mengumpulkan 8 jenis investasi yang cocok untuk pensiunan, dijamin paling menguntungkan!

1. Reksadana

 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan Medan Terbaik! Inilah 8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Mengatur keuangan sehabis pensiun dengan reksadana, why not? Ya, reksadana merupakan investasi pensiun terbaik. Jika Anda sudah terlebih dahulu mempunyai dana pensiun, jangan ragu untuk investasi di instrumen ini. Apa itu reksadana? Singkatnya, reksadana merupakan suatu wadah untuk menghimpun dana dari pemilik modal (masyarakat) yang kemudian dana tersebut diinvestasikan kembali ke dalam portofolio dampak oleh manajer Investasi.

Manajer investasi ialah orang-orang profesional. Oleh sebab itu, investasi ini bisa dikatakan lebih aman. Di Amerika, reksadana merupakan cuilan penting dari sejarah di mana itu dijadikan sebagai cuilan dari perencanaan pensiun bagi mereka. Tidak hanya itu, menurut informasi dari INVESTMENT COMPANY FACT BOOK 2013, reksadana bisa menyumbang 68% aset IRA dan 48% dari saldo 401k pada final tahun 2011. Artinya, reksadana merupakan wadah yang sempurna untuk investasi dana pensiun.

2. Obligasi


Punya niat berinvestasi di instrumen ini sehabis pensiun? Jika ya, maka itu pilihan yang sangat tepat. Apa itu obligasi? Singkatnya, obligasi merupakan sebuah istilah dalam dunia keuangan yang merupakan bukti penyertaan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Jika Anda ialah pemegang obligasi, maka Anda akan dijanjikan untuk mendapat nilai pokok utang beserta kupon bunganya pada ketika jatuh tempo.

Dalam obligasi juga ada istilah debitur dan kreditur. Debitur atau si peminjam ialah penerbit obligasi, sedangkan kreditur ialah si pemegang obligasi yang menawarkan pinjaman. Bagaimana dengan kupon obligasi? Itu bisa dikatakan sebagai bunga sumbangan yang wajib dibayar oleh debitur kepada kreditur.

Banyak pelaku investasi yang menyampaikan bahwa obligasi merupakan investasi pensiun terbaik sebab dianggap “aman” bahkan bebas risiko, terlebih lagi kalau penerbit obligasi ialah pemerintah. Saya sangat oke dengan pernyataan tersebut, namun tidak 100% setuju. Saya meyakini bahwa tidak ada investasi yang benar-benar bebas risiko. Risiko itu selalu ada, walaupun kecil. Meskipun begitu, saya tetap merekomendasikan obligasi sebagai salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan.

3. Deposito


Ini juga bisa menjadi alternatif Anda sebagai tabungan pensiun. Pernah dengar deposito? Ya, deposito merupakan sebuah produk investasi dari perbankan. Mungkin deposito tidak abnormal lagi ditelinga Anda. Salah satu yang menarik dari deposito ialah jangka waktu penyimpanannya. Misalnya, kalau Anda mempunyai dana penisun kemudian diinvestasikan dalam bentuk deposito dengan jangka waktu panjang, maka Anda akan mendapat pendapatan lebih banyak yang bersumber dari bunga.

Nah, ada hal yang lebih menggembirakan bahwa deposito bisa dikatakan sebagai investasi dengan risiko yang relatif rendah. Tidak hanya itu, tingkat suku bunga deposito juga lebih tinggi dari tabungan. Jadi, kalau ketika ini Anda hanya mempunyai tabungan di bank, sudah selayaknya Anda mencoba memakai produk deposito. Saya sangat oke kalau deposito disebut sebagai salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan.

4. Saham

 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan Medan Terbaik! Inilah 8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Apakah Anda bersedia menanamkan dana pensiun Anda di instrumen saham? Kenapa tidak, bukan? Saham bisa dikatakan sebagai investasi sejuta umat. Namun, instrumen ini tampaknya belum terlalu diminati terutama di sebagian besar negara berkembang, termasuk di negara tercinta, Indonesia. Banyak faktor yang memengaruhinya, menyerupai faktor ekonomi, faktor kepentingan, dan faktor pengetahuan. Meskipun begitu, sejak adanya “Yuk Nabung Saham”, instrumen ini semakin dikenal masyarakat luas.

Saham merupakan investasi yang paling menguntungkan, namun potensi kesannya juga tinggi. Akan tetapi, ini tergantung cara Anda berinvestasi. Saya menyarankan, jadilah investor jangka panjang, jangan menjadi trader (jika belum ahli) sebab itu sangat berisiko. Pastikan Anda menentukan perusahaan yang mempunyai prospek bisnis dan mendasar yang bagus, serta konsisten dalam membagikan dividen. Dengan kata lain, utamakan safety, apalagi di masa sehabis pensiun ini.

5. Emas

 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan Medan Terbaik! Inilah 8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Selain dipakai sebagai perhiasan, emas juga merupakan salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan. Kenapa? Emas mempunyai value yang cenderung konstan bahkan juga terbukti menanjak setiap tahunnya. Salah satu alasan kenapa harga emas cenderung naik tidak lain sebab emas merupakan sumber daya alam berbasis tambang yang mempunyai batasan. Selain itu, Emas juga disebut-sebut sebagai inflation gatekeeper. Oleh sebab itu, saya menyimpulkan bahwa emas ialah pilihan investasi yang sangat tepat, termasuk untuk masa sehabis pensiun.

6. Bisnis Waralaba


Persiapan pensiun memang sudah semestinya dilakukan jauh-jauh hari. Pasalnya, untuk mendapat hasil yang maksimal, diperlukan perencanaan yang matang. Termasuk ketika memutuskan untuk berbisnis.

Nah, ketika ini ada bisnis yang sedang berkembang pesat dan cukup menjanjikan. Ya, investasi pada bisnis waralaba. Keputusan yang sempurna kalau memakai dana pensiun Anda untuk bisnis waralaba. Kenapa begitu? Salah satu alasannya ialah risiko yang relatif minim. Meskipun mempunyai risiko yang rendah, Anda juga mesti selektif dalam menentukan dan menentukan sektor bisnis waralaba. Satu hal lagi, pastikan juga Anda mempunyai passion dalam berbisnis.

7. Sewa Properti


Tentu saja, saya memasukkan investasi ini sebagai salah satu investasi yang cocok untuk pensiunan. Jika Anda berinvestasi pada sektor ini, Anda mempunyai banyak alternatif. Mau sewa kontrakan, rumah, vila, apartemen, toko, kos-kosan, dan sebagainya. Bebas untuk memilih. Mana yang paling menguntungkan? Saya rasa semuanya menguntungkan, tergantung bagaimana Anda mengelolanya nanti.

Investasi ini membutuhkan modal awal yang relatif besar, hal ini juga sebanding dengan potensi keuntungan yang nantinya diperoleh. Tak persoalan kalau  modal Anda berasal dari dana pensiun atau tabungan pensiun, asalkan Anda serius dalam mengelola dan mau melaksanakan analisis-analisis, menyerupai analisis sasaran pasar, lokasi, dan seterusnya. Dengan demikian, saya yakin potensi keuntungan yang akan diperoleh akan jauh lebih besar.

8. Bisnis Peternakan atau Perikanan

 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan Medan Terbaik! Inilah 8 Jenis Investasi yang Cocok untuk Pensiunan

Ini termasuk salah satu investasi pensiun terbaik. Selain bisa menghasilkan keuntungan, Anda juga bisa menikmati bisnis ini dengan perasaan senang. Apalagi kalau beroperasi di kawasan pedesaan. Lengkap sudah kebahagiaan Anda sehabis pensiun. Bisnis ini memang sebaiknya beroperasi akrab dengan sumber daya, dan itu adanya di kawasan pedesaan. Selain harga lahan di sana masih tergolong murah, sumber daya menyerupai makanan dan kebutuhan ternak juga lebih gampang didapatkan dan pastinya juga lebih murah.

Itulah 8 investasi yang cocok untuk pensiunan, baik pensiun bau tanah maupun pensiun dini. Mana yang menciptakan Anda tertarik? Ya, itu tergantung kebutuhan, kesanggupan, dan kemauan Anda. Bagi saya, 8 investasi di atas ialah investasi yang sempurna untuk dilakukan menjelang pensiun atau sehabis pensiun. aman. Tapi ingat, bacalah beberapa rujukan sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dalam dunia investasi. Pengetahuan itu penting dan akan menjadi tameng Anda. Semoga berhasil dan selamat menempuh kehidupan baru!
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar