Medan Terbukti Ampuh! 10 Tips Semoga Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua

No Comments
Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua Medan Terbukti Ampuh! 10 Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua

Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua --- Ada aneka macam faktor yang menciptakan setiap pasangan tetapkan untuk tinggal di rumah mertua. Misalnya, faktor finansial, di mana suami atau istri belum bisa mempunyai rumah sendiri. Inilah yang paling sering terdengar di indera pendengaran kita, dan bukan belakang layar umum lagi.

Apa salahnya tinggal serumah dengan mertua? Mereka kan orang bau tanah Anda juga? Jika harus mengontrak, tentu saja itu akan memakan biaya yang tidak sedikit apalagi bagi Anda yang mempunyai honor kecil dan pas-pasan.

Sering kali ditemukan bahwa ada suami atau istri tidak betah di rumah mertua, kemudian mereka mencari cara bagaimana bisa pindah dari rumah tersebut. Kenapa ini bisa terjadi? Saya yakin, niscaya ada sesuatu yang terjadi apakah itu berasal dari mertua atau bisa juga berasal dari pasangan itu sendiri. Bagi setiap pasangan, seharusnya jangan jadikan mertua sebagai beban apalagi sebagai derita yang tiada akhir.

Saya juga paham bahwa ada juga mertua yang tidak erat dengan menantu padahal menantu sudah bersikap sangat baik. Bagaimana solusinya? Nah, di sini saya akan memperlihatkan solusi 10 tips semoga nyaman tinggal serumah dengan mertua. Mudah-mudahan tips ini bisa menciptakan Anda betah tinggal bersama mertua.

1. Pahami Karakter Mertua


Ini yakni poin pertama yang mesti Anda lakukan. Kenapa? Pasalnya, bila Anda paham huruf mertua, Anda niscaya bisa beradaptasi dengan baik sehingga juga bisa mengambil perilaku dengan tepat. Sebagai contoh, bila mertua Anda yakni orang yang disiplin, maka Anda juga mesti disiplin. Jangan bersikap sebaliknya, tentu saja itu bisa berdampak jelek bagi hubungan Anda dengan mereka nantinya. Lama kelamaan, Anda pun merasa tidak betah dan tidak nyaman.

2. Cari Tahu Apa yang Disukai dan Tidak Disukai Mertua


Bagi saya, ini bisa menjadi tips semoga nyaman tinggal dengan serumah mertua. Kenapa demikian? Ya, dikala Anda tahu apa yang disukai mertua, kemudian Anda mewujudkan hal itu, tentu saja itu bisa menciptakan mereka senang. Normalnya ibarat itu. Begitu pun sebaliknya, jangan melaksanakan sesuatu yang tidak mereka sukai. Tentu saja, itu akan menciptakan mereka tidak menyukai Anda.

3. Bersikap Jujur (Apa Adanya)

Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua Medan Terbukti Ampuh! 10 Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua

Jika tinggal serumah dengan mertua, jangan pernah berbohong sekali pun. Ingat, setiap pasangan baik suami maupun istri harus bisa menjaga kepercayaan mertua. Sekali saja tertangkap berair berbohong, bisa bahaya. Untung bila mertua Anda orang yang pemaaf, bila tidak? Nah, bila Anda mempunyai kekurangan, katakan yang sejujurnya. Misalnya, Anda suka lupa dengan hal-hal yang kecil, maka katakan hal itu dengan jujur sehingga mereka akan bisa memahami bila hal itu terjadi nantinya.

4. Luangkan Waktu untuk Berdiskusi


Tips semoga nyaman tinggal serumah dengan mertua selanjutnya yaitu dengan meluangkan waktu untuk berdiskusi. Sesibuk apapun Anda, terutama para suami, luangkanlah waktu untuk berbincang-bincang. Kenapa ini mesti dilakukan? Ya, untuk menjaga kehangatan dan jangan hingga terkesan ada ketidakpedulian. Yakinlah, mertua Anda niscaya paham dengan kesibukan Anda, namun mereka niscaya akan sangat senang bila Anda bisa meluangkan waktu untuk berdiskusi dengannya sehingga mereka pun merasa dihargai.

5. Utamakan Kesamaan dan Hargai Perbedaan


Setiap orang niscaya mempunyai perbedaan. Namun, kenapa mesti itu yang ditampilkan? Kenapa bukan kesamaan? Begitu juga dikala Anda tinggal di rumah dengan mertua. Jangan perlihatkan perbedaan. Itu bisa menciptakan hubungan Anda dengan mertua menjadi renggang. Jika Anda bisa terbuka mengenai hal itu, dan mertua Anda mendapatkan dengan ikhlas, itu tidak menjadi masalah. Namun, pastikan kalian saling menghargai perbedaan satu sama lain. Itu kuncinya.

6. Bersikap Netral dan Tidak Ikut Campur Permasalahan Keluarga


Anda harus paham bagaimana cara hidup di rumah mertua dengan tepat. Kenapa? Itulah yang akan memilih kehidupan Anda di rumah mertua nantinya. Sebagai contoh, bila Anda seorang istri, kemudian melihat bahwa suami Anda bertengkar dengan mertua Anda, apa yang akan Anda lakukan? Jangan ikut campur! Ya, sebaiknya Anda membisu alasannya yakni itu persoalan keluarga suami Anda. Bagi para suami, cobalah perlihatkan kebijaksanaan. Jangan hingga istri tidak betah di rumah alasannya yakni konflik tersebut.

7. Tersenyumlah

Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua Medan Terbukti Ampuh! 10 Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua

Senyum itu ibadah, bukan? Nah, tersenyumlah selalu kepada mertua Anda. Itulah trik dan tips semoga nyaman tinggal serumah dengan mertua. Senyum bisa merubah suasana, dari suasana yang penuh dengan derita menjadi penuh kebahagiaan. Mertua Anda niscaya akan senang melihat menantu yang penuh dengan keceriaan, sekali pun Anda berada pada kondisi yang kurang baik. Sepahit apapun di dalam diri Anda, cobalah tampilkan yang manis-manis saja. Di sanalah dituntut budi Anda dalam bersikap, terutama bagi para suami.

8. Hati-Hati dalam Berkata


Lidah itu tidak bertulang. Senjata yang paling mematikan yakni lisan. Kita semua tahu hal itu. Namun, terkadang alpa dan tidak sadar. Oleh alasannya yakni itu, saya mengingatkan semoga hati-hati dalam berbicara. Jika tidak ada hal yang penting untuk dibicarakan, lebih baik membisu saja. Sekali saja Anda salah bicara, bahkan hingga menyinggung perasaan mertua, habis sudah. Hingga pada akhirnya, Anda akan mencari cara bagaimana bisa pindah dari rumah mereka. Jangan hingga hal itu terjadi.

9. Jangan Lupa Berpamitan


Cara keluar dari rumah dengan sopan yakni dengan berpamitan. Hal ini terlihat sepele padahal dampaknya sangat besar. Ingat, jangan tampilkan kesan jelek pada mertua Anda. Jangan hingga mertua Anda menganggap bahwa Anda merupakan anak yang lahir dari keluarga yang tidak terdidik. Memang, kebiasaan baik itu perlu ditanamkan semenjak dini. Sekali lagi saya ingatkan, jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil, ibarat halnya berpamitan dikala pergi.

10. Tanamkan Positive Thinking dan Feeling

Cara dan Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah dengan Mertua Medan Terbukti Ampuh! 10 Tips Agar Nyaman Tinggal Serumah Dengan Mertua

Inilah trik dan tips semoga nyaman tinggal serumah dengan mertua yang terakhir. Ada dua hal yang mempunyai imbas besar dalam kehidupan, yaitu cara berpikir dan cara merasa. Pernah melihat dan bertemu orang yang gampang tersinggung? Itulah salah satu ciri-ciri adanya gangguan pada pikiran dan perasaan. Jangan hingga kita menjadi ibarat itu. Nah, bila Anda mendapati bahwa mertua Anda menyampaikan atau melaksanakan sesuatu yang kurang berkenan di hati Anda, maka jangan pribadi tersinggung.

Lalu? Cobalah untuk menasehati dan memaafkan. Barangkali mertua Anda khilaf. Bicarakan dengan baik dan sopan. Jangan pribadi membeci. Ingat, bagaimana pun juga mereka sudah menjadi orang bau tanah Anda. Nasehati dengan baik-baik. Percaya atau tidak, rasa nyaman dan betah itu tergantung cara kita berpikir dan merasa. Kalau kita bisa terus bersikap positif, semuanya niscaya akan baik-baiknya.

Nah, itulah 10 tips semoga nyaman tinggal serumah dengan mertua. Anda bisa menerapkan semua atau beberapa diantara 10 tips tersebut. Pada dasarnya, tidak ada mertua yang buruk. Jika mereka terlihat jelek di mata Anda, maka ada yang salah pada Anda. Normalnya, tidak ada mertua yang bersikap jelek terhadap menantu kecuali menantu pernah berbuat salah, dan belum juga meminta maaf. Oleh alasannya yakni itu, alangkah lebih baik bila kita saling introspeksi diri.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar

Posting Komentar